Teknologi dan Informasi

Cara Instal Sistem Operasi Linux

Ada banyak sistem operasi yang hadir untuk mengendalikan atau mengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum guna menjalankan aplikasi perangkat lunak (software). Salah satu sistem operasi yang populer adalah Linux.

Linux adalah perangkat lunak pada komputer yang memungkinkan aplikasi dan operator komputer untuk mengakses perangkat pada komputer untuk melakukan fungsi yang diinginkan. Ada banyak varian Linux yang tersedia, tapi kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menginstall Linux Mint.

Bagian 1 dari 3: Mempersiapkan DVD Instalasi

670px-Install-Linux-Mint-Step-1-Version-2

  1. Backup data anda. Jika Anda menginstal Linux Mint atas sistem operasi Anda saat ini, Anda akan kehilangan data yang tersimpan pada hard drive. Pastikan bahwa semua dokumen penting dan file yang aman didukung sebelum memulai proses instalasi.

670px-Install-Linux-Mint-Step-2-Version-2

2. Download file Linux Mint ISO. ISO Adalah disk image yang dapat Anda membakar ke DVD. ISO tersedia secara gratis dari situs Linux Mint, meskipun download pada ukuran besar. Tergantung pada kecepatan koneksi Anda, mungkin diperlukan waktu beberapa saat untuk di-download untuk menyelesaikan.

  • Ada beberapa pilihan ketika Anda mengunjungi halaman Download dari situs Linux Mint. Sebagian besar pengguna akan ingin memilih “Cinnamon” versi yang terletak di bagian atas daftar. Ini adalah gaya desktop default untuk Linux Mint. Ada pilihan lain yang tersedia untuk pengguna yang lebih maju.
  • Anda harus memastikan bahwa Anda memilih versi yang benar untuk arsitektur sistem anda: 32-bit atau 64-bit.

670px-Install-Linux-Mint-Step-3-Version-2

3. Men-download program pembakaran gambar. Untuk menyalin file ISO ke DVD, Anda akan memerlukan program pembakaran gambar. Salah satu pilihan bebas yang lebih populer adalah ImgBurn, meskipun ada berbagai lain dari perusahaan seperti Nero.

  • Jika Anda menjalankan Windows 7 atau 8, Anda dapat menggunakan software burning built-in Windows. Klik kanan pada file ISO dan pilih “Burn image disk”.

Install Linux Mint Langkah 4.jpg

4. Membakar disk. Gunakan perangkat lunak untuk memilih pembakar (burn) DVD dengan DVD kosong didalamnya. Bila perlu, pilih ISO yang telah diunduh sebagai berkas sumber. Namun, hal ini tidak perlu anda lakukan jika anda mengklik kanan berkas dan mengunakan fitur pembakar Windows. Klik “Burn” untuk memulai prosesnya. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

Bagian 2 dari 3: Instalasi Linux Mint

Install Linux Mint Langkah 5 Versi 2.jpg

1. Mengatur komputer Anda untuk boot dari DVD drive Anda. Dalam rangka untuk menjalankan disk Linux Mint, Anda akan perlu untuk boot dari itu bukan hard drive Anda.

  • Setelah di BIOS, mencari menu Boot. Mengubah urutan boot agar boot DVD drive Anda sebelum hard drive Anda. Ini akan memastikan bahwa disk Anda dimuat terlebih dahulu sebelum sistem operasi yang ada.

Install Linux Mint Langkah 6.jpg

2. Mulai Linux Mint hidup sistem. Ketika boot komputer Anda dari DVD Linux Mint yang Anda buat, Anda akan disambut dengan daftar pendek pilihan. Pilih “Start Linux Mint” untuk boot sistem operasi Linux Mint dari DVD.

  • Ini tidak menginstal Linux Mint. Boot sistem operasi dari DVD memungkinkan Anda untuk menguji Linux Mint dan melihat bagaimana Anda seperti itu sebelum melakukan instalasi. Anda tidak akan dapat mengubah pengaturan atau menghapus atau membuat file sementara dalam modus pratinjau, tetapi merupakan cara yang baik untuk membiasakan diri bagaimana Linux Mint bekerja.
  • Ketika menjalankan Mint dari DVD, itu akan berjalan lebih lambat daripada jika itu diinstal. Ingatlah hal ini ketika menggunakannya, sebagai versi diinstal akan tampil jauh lebih baik daripada pratinjau.

Install Linux Mint Langkah 7 Versi 2.jpg

3. Mulai instalasi. Setelah Anda telah mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan desktop Linux Mint, Anda dapat memulai instalasi dengan mengklik dua kali “Install Linux Mint” ikon terletak di desktop. Ini akan memulai program instalasi. Pilih bahasa Anda dan klik “Lanjutkan”.

Install Linux Mint Langkah 8.jpg

4. Meninjau persyaratan installer dasar. Untuk menggunakan installer paket, Anda akan perlu memiliki minimal 3,5 GB ruang hard disk bebas serta koneksi internet aktif.

  • Jika Anda menginstal Mint di laptop, pastikan itu terhubung ke sumber listrik selama instalasi.

Install Linux Mint Langkah 9.jpg

5. Pilih tipe instalasi Anda. Layar selanjutnya akan memungkinkan untuk memilih jumlah penyimpanan yang akan disediakan untuk Linux. Ada dua jenis pilihan :

  • Erase disk and install Linux Mint – Opsi ini akan menghapus seluruh data pada hard disk yang terpilih dan memasang Linux Mint pada hard disk tersebut. Sistem operasi atau data yang sudah ada akan terhapus seluruhnya. Gunakan opsi ini jika akan menjadikan Linux Mint sebagai satu-satunya sistem operasi di komputer anda.
  • Something else – Opsi ini memungkinkan anda menggunakan ruang kosong pada hard disk untuk membuat petisi khusus Linux Mint, yang juga memungkinkan untuk memiliki Linux Mint dengan sistem operasi lain. Opsi ini juga memungkinkan anda memilih ukuran partisi Linux.

Install Linux Mint Langkah 10.jpg

6. Tentukan hard drive Anda ingin menginstal ke. Di layar berikutnya, gunakan menu dropdown untuk memilih drive yang ingin menginstal Linux ke. Jika Anda memilih “Sesuatu yang lain” pilihan, Anda akan dapat tot menggunakan slider untuk mengatur ukuran partisi Linux.

  • Linux Mint membutuhkan setidaknya partisi 6 GB, dan partisi swap harus 1,5 kali jumlah RAM yang telah diinstal.
  • Jika Anda memilih opsi pertama untuk menginstal jenis, keseluruhan disk yang dipilih akan dihapus selama proses instalasi.

Install Linux Mint Langkah 11.jpg

7. Menetapkan pengaturan lokasi dan keyboard. Setelah proses instalasi dimulai, anda akan diminta untuk memilih zona waktu dan tata letak papan ketik. Anda dapat menggunakan tombol “Detect Keyboard Layout” jika tidak yakin tata letak mana yang harus dipilih.

Install Linux Mint Langkah 12.jpg

8. Buat pengguna Anda. Setelah memilih preferensi masukan Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan nama Anda dan membuat user. Bila Anda memasukkan nama Anda, nama pengguna dan nama mesin otomatis akan isi dengan nama depan Anda. Anda dapat mengubah nama pengguna untuk apa pun yang Anda inginkan.

  • Nama mesin adalah nama komputer Anda akan menampilkan ke komputer lain pada jaringan.
  • Anda akan perlu untuk membuat password juga. Kombinasi username dan password ini akan menjadi account administrator Anda, dan akan perlu untuk dimasukkan ketika membuat perubahan pada sistem
  • Anda dapat memilih untuk login secara otomatis atau diminta untuk username dan password. Pilih opsi yang terbaik bagi kebutuhan keamanan Anda.
  • Anda akan dapat membuat lebih banyak pengguna setelah instalasi selesai.

Install Linux Mint Langkah 13.jpg

9. Tunggu instalasi selesai. Setelah memasukkan informasi Anda, Linux Mint akan mulai menyalin file. Anda dapat memonitor perkembangan dengan melihat bar di bagian bawah jendela. Setelah file akan disalin, instalasi akan dimulai dan perangkat keras Anda akan dikonfigurasi.

  • Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama, terutama pada komputer lama. Ini semua otomatis dari titik ini, sehingga Anda dapat meninggalkan dan datang kembali jika Anda perlu.
  • Installer akan men-download file tambahan selama proses instalasi, sehingga Anda akan membutuhkan koneksi jaringan yang valid.

Install Linux Mint Langkah 14.jpg

10. Klik “Restart Now”. Setelah instalasi selesai, Anda akan diminta untuk me-restart komputer Anda. Klik tombol “Restart Now” tombol untuk reboot komputer Anda dan memuat sistem operasi yang baru Anda instal.

Bagian 3 dari 3: Konfigurasi Linux Mint

670px-Install-Linux-Mint-Step-15

1.Boot ke Linux Mint. Tergantung pada bagaimana Anda menginstal Linux Mint, Anda mungkin akan diberi pilihan untuk memilih dari daftar sistem operasi yang terpasang, atau komputer Anda dapat boot langsung ke Mint. Either way, start up Linux Mint dan masuk ke akun Anda untuk sampai ke desktop.

670px-Install-Linux-Mint-Step-16

2. Tinjau layar Selamat Datang. Ketika Linux Mint pertama dimulai, Anda akan disambut oleh layar Selamat Datang. Ini berisi link ke panduan pengguna dan tutorial, jadi luangkan waktu dan melihat melalui sumber daya yang tersedia.

  • Jendela ini akan muncul setiap kali Linux Mint dimulai kecuali Anda hapus centang pada kotak di sudut kanan bawah.

670px-Install-Linux-Mint-Step-17

3. Mengkonfigurasi desktop Anda. Secara default, Mint akan mulai dengan link ke komputer Anda dan direktori Home Anda pada desktop. Anda dapat menambahkan ikon Sampah untuk membuatnya lebih seperti mesin Mac atau Windows. Untuk melakukannya, klik tombol Menu di pojok kiri dan pilih Pengaturan sistem dari sisi kiri. Klik “Desktop” pilihan pada bagian Preferences, dan memeriksa ikon yang ingin Anda tampilkan.
670px-Install-Linux-Mint-Step-18

4. Menginstal program. Mint dilengkapi dengan program penting beberapa diinstal, seperti Firefox, LibreOffice, GIMP Image Editor, dan VLC Player. Anda dapat menginstal berbagai program lain juga, kebanyakan dari mereka secara gratis. Untuk melakukannya, klik tombol Menu, membawa lebih dari Administrasi, dan pilih Software Manager.

  • Anda akan diminta untuk sandi administrator.
  • Program diurutkan berdasarkan kategori, tetapi Anda juga dapat mencari program-program khusus. Perlu diingat bahwa kebanyakan program Windows dan Mac tidak tersedia untuk Linux, sehingga Anda akan perlu untuk mencari alternatif yang melakukan fungsi yang sama.
  • Klik dua kali program untuk membuka detail. Di sini Anda dapat melihat ukuran serta review dari pengguna lain. Klik tombol ‘Install’ untuk mulai men-download program.
  • Anda dapat melihat kemajuan instalasi Anda dengan memantau bar di bagian bawah jendela.

670px-Install-Linux-Mint-Step-19

5. Mulai program baru. Setelah program telah terinstal, Anda dapat mengaksesnya melalui Menu. Arahkan kursor kategori program milik, dan Anda harus melihatnya dalam daftar program yang diinstal pada komputer Anda. Cukup klik program untuk mulai menjalankannya.

Install Linux Mint Langkah 20.jpg

6. Mengubah latar belakang desktop Anda. The latar belakang desktop adalah cara termudah untuk menunjukkan lain bahwa ini adalah komputer “Anda”. Klik kanan pada desktop dan pilih “Change Desktop Background” dari menu.
  • Anda dapat memilih dari pilihan latar belakang disertakan, atau klik “+ Add” tombol untuk memuat gambar Anda sendiri.
Install Linux Mint Langkah 21.jpg
7. Buka Terminal. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari Linux dengan menggunakan baris perintah untuk melakukan apa saja. Anda dapat dengan cepat mengakses Terminal dengan mengklik ikon Terminal di taskbar di bagian bawah desktop.
Install Linux Mint Langkah 22.jpg
8. Terus mengeksplorasi dan bermain-main. Jelajahilah forum resmi Linux Mint, dan bacalah situs penggemar untuk menemukan program yang mungkin Anda tidak tahu sebelumnya.

Nah, sekian info dari saya. Semoga bermanfaat ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s