Teknologi dan Informasi

Uncategorized

Penjelasan Lengkap tentang Virus Ransomware WannaCry

ransom 2

Baru-baru ini dunia dikejutkan dengan sebuah virus komputer jahat yang bisa menyandera data korbannya dan meminta tebusan yang jumlahnya tidak sedikit. Yap, apalagi kalau bukan virus Ransomware jenis WannaCry.  Virus ini telah menyebar keseluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Berikut adalah penjelasan mengenai virus WannaCry Ransomware yang dikutip dari berbagai sumber.

Apa sih virus Ransomware WannaCry itu?

ransom1

Ransomware adalah program jahat komputer yang menyandera dokumen korban dengan algoritma enkripsi khusus. Setiap dokumen yang terkunci oleh peranti lunak ini hanya bisa diakses dengan cara memasukkan kode unik yang hanya dimiliki si penyebarnya.

Nah, kalau WannaCry itu bukan terjemahan dari bahasa Inggris yang artinya ‘ingin menangis’. WannaCry itu adalah sebuah versi atau sebutan yang sama dengan ransomware, kepanjangan dari WannaCry adalah WanaCryptor, dan untuk versinya saatnya yaitu versi 2.0. WannaCry >> WanaCrypt0r 2.0 >> Ransomware WanaCrypt0r 2.0.

Bagaimana cara virus WannaCry menginfeksi korbannya?

Sama seperti beberapa virus, virus WannaCry ini bisa saja menginfeksi ketika korbannya sedang berselancar di dunia maya, mengklik sebuah link yang ternyata berisi WannaCry atau ketika sedang mengunduh dan membuka file.

Virus tak kenal kapan dan dimana korbannya. Duh, seram banget, ya.

Software yang diserang Virus WannaCry

Ternyata Ransomware WannaCry diketahui hanya menyerang komputer dengan sistem operasi Windows. Wah, kenapa, ya?

Ternyata para peneliti meyakini hal ini dikarenakan para penjahat mengeksploitasi celah keamanan yang dinamakan EternalBlue pada OS Windows. Cikal bakal program ini dibikin dan dimiliki oleh Badan Intelijen Amerika Serikat (National Security Agency/NSA). Celah ini kemudian bocor dan dipakai para peretas untuk menerobos keamanan sistem operasi Windows dan menyebarkan ransomware WannaCry.

Microsoft, selaku pengembang sistem operasi tersebut sudah memberikan pernyataan terkait hal ini dan sudah merilis pembaruan bagi para pengguna Windows agar terlindungi dari serangan WannaCry.

Sistem Operasi Windows Mana Saja yang Sudah Kena?

Sejauh ini ada tiga sistem operasi Windows yang diserang WannaCry, yaitu Windows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003. Tapi, hal ini bukan berarti versi Windows lainnya akan aman. Microsoft menyarankan para pengguna untuk terus melakukan update pada Windows dan juga sistem keamanannya, seperti Windows Defender beserta antivirus yang dipakai.

Dokumen Apa Saja yang Diserang?

Virus ransomware bisa menyerang berbagai jenis format dokumen komputer, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, .JPG, .PDF, .ZIP, hingga dokumen Adobe Photoshop.

Sudah Menyerang ke Mana Saja? 

Ransomware WannaCry melumpuhkan sistem jaringan komputer di 16 rumah sakit di Inggris. Lalu, menyebar ke Rusia di mana 1.000 komputer di Kementerian Dalam Negeri menjadi korban serangan tersebut. Program jahat ini sudah menyebar ke 150 negara, termasuk menyerang perusahaan otomotif Nissan, Renault, perusahaan telekomunikasi Telefonica dari Spanyol, Portugal Telecom, hingga perusahaan pengiriman barang FedEx di AS.

Menyerang Rumah Sakit di Jakarta

Indonesia termasuk salah satu negara yang terkena dampak dari serangan ransomware WannaCry, di mana Rumah Sakit Dharmais menjadi korban. Operasional di rumah sakit itu jadi terganggu dan membuat pelayanan dilakukan secara manual, misalnya antrean menggunakan kertas.

ransom3

Virus WannaCry sudah di hentikan?

Seorang pria berusia 22 tahun asal Inggris yang menggunakan nama alias MalwareTech berhasil menemukan kelemahan dari ransomware WannaCry dan mematikannya.

Ia membeli domain Internet yang belum terdaftar, namun jadi tujuan WannaCry setiap kali menginfeksi komputer baru. Pendaftaran domain tersebut ternyata jadi kelemahan dalam distribusi WannaCry, dan itu berhasil menghentikan peredarannya.

Hadir WannaCry Versi 2.0

Setelah dihentikan oleh pemuda Inggris dengan nama alias MalwareTech, para peretas tidak tinggal diam. Mereka merilis ransomware WannaCry versi terbaru, yaitu 2.0. Tidak seperti pendahulunya, WannaCry 2.0 tidak bisa dimatikan peredarannya dengan cara yang sama di versi pertama. Hal ini menunjukkan ambisi para penjahat siber itu untuk menggunakan WannaCry sebagai senjata andalan mereka dalam melancarkan aksi teror di dunia maya.

Jumlah Uang Tebusan yang Sudah Ditransfer Sejauh Ini

Kehilangan dokumen penting memang sangat menyesakkan, apalagi jika dokumen itu sangat diperlukan. Hal ini membuat beberapa korban ransomware WannaCry tampaknya memutuskan untuk membayar uang tebusan yang diminta agar terbebas dari penguncian akses ke dokumennya. Hingga hari ini, Senin (15/5), total uang yang dibayarkan sudah mencapai 25,10765551 BTC atau lebih dari Rp 600 juta lewat empat dompet Bitcoin yang digunakan para penjahat. Angka ini diyakini akan terus bertambah setiap waktunya.

Kenapa Pakai Bitcoin?

ransom4

Pelaku memilih menggunakan Bitcoin agar bisa memakai identitas anonim dan sistem desentralisasinya membuat Bitcoin sulit dilacak dan dikendalikan. Tidak diketahui ke mana uang itu mendarat nantinya.

Haruskah Membayar Uang Tebusan?

Pakar keamanan siber Indonesia sudah memberikan peringatan kepada para korban ransomware agar tidak membayar uang tebusan. Hal ini dikarenakan tidak ada jaminan dokumen akan dikembalikan setelah uang dibayar.

Panduan Update Software dari Microsoft

Microsoft mengklaim pada 14 Maret lalu mereka telah merilis pembaruan keamanan dari segala kerentanan yang dieksploitasi oleh WannaCry. Microsoft lagi-lagi mengklaim mereka yang mengaktifkan Windows Update bisa terlindung dari serangan ini. Bagi mereka yang belum menerapkan pembaruan keamanan, Microsoft menyarankan untuk segera membaca ini: Microsoft Security Bulletin MS17-010 – Critical.

Bagi pengguna yang menggunakan Windows Defender, Microsoft merilis update kemarin yang telah mendeteksi ancaman dari Ransom: Win32 / WannaCrypt (atau WannaCry).

Microsoft menyarankan konsumen untuk tetap menjalankan software anti-virus dan sejumlah perusahaan keamanan siber.

Bagaimana Cara Menghindari Serangan Ransomware ini?

Tidak bisa dibayangkan jika komputer kita terkena virus jahat ini. Bisa dipastikan hal pertama yang dirasakan saat tahu data komputer disandera adalah panik. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengindari virus Ransomware.

1. Lakukan Filterasi Pada Email
Salah satu caranya yaitu melakukan filtrasi pada email. Karena sebuah malware akan mudah terdeteksi jika berada dalam sebuah situs, maka sebagian besar malware ini disebar luas kan melalui email.
2. Jangan Install Aplikasi/Program Sembarangan
Tidak hanya melalui Email, namun beberapa malware juga mampu menyembunyikan dirinya dalam sebuah aplikasi/program dari situs penyedia aplikasi. Maka dari itu, jangan coba coba menginstall aplikasi sembarangan jika sumbernya tidak terpercaya.
3. Tampilkan Ekstensi File
Untuk kalian yg masih awam dalam dunia komputer ada baiknya mengecek terlebih dahulu mode apa yang kalian pakai pada ekstensi.
4. Gunakan Antivirus Dengan Reputasi Yang Baik
Antivirus memang berperan penting dalam sebuah sistem komputer agar tidak mudah terkena infeksi virus berbahaya seperti ransomware. Namun dalam memilih antivirus juga tidak bisa sembarangan, kita harus memilih antivirus dengan reputasi yang baik, up to date, dan terpercaya. Dan khusus untuk menghindari malware pastikan terdapat fitur anti-malware dan software firewall.
5. Update Software
Jangan lupa juga untuk memperbarui sistem/program yang terpasang untuk mengantisipasi. Karena software yang up to date, selalu menjadi cara terbaik untuk menghindari berkembangnya sebuah malware.
6. Jangan Gunakan Koneksi Publik Tanpa Sumber Yang Jelas
Nah yang satu ini bisa juga menjadi celah untuk para pelaku cybercrime. yaitu memanfaatkan jaringan publik. Usahakan jangan tertarik untuk menggunakannya. Hanya karena bisa internetan secara gratis, kamu bisa saja menjadi korban malware. Karena pelaku bisa saja mengirimkan malwarenya ke gadget kamu melalui jaringan tersebut.
7. Backup Data
Cara terakhir ini bukan untuk menghindari malware, namun untuk menjaga jaga apabila kita sudah terlanjur menjadi korban. Kita bisa mem – backup data atau membuat data cadangan secara rutin. Jadi apabila sewaktu waktu gadget yang kita miliki terinfeksi dan terkunci oleh malware, kita tidak perlu khawatir lagi karena sudah memiliki cadangannya.

Langkah Pencegahan dari Kemenkominfo

ransom5

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi panduan yang bisa dilakukan warga untuk menghindari serangan WannaCry, yaitu sebagai berikut.

– Jangan nyalakan komputer dalam keadaan terhubung kabel LAN/Wi-Fi

– Lakukan backup data

– Update anti-virus

– Update security pada Windows dengan instal Patch MS17-010 yang dikeluarkan Microsoft.

– Jangan mengaktifkan fungsi Macro

– Non aktifkan fungsi SMB v1

– Block 139/445 & 3389 Ports

– Selalu backup data penting di komputer Anda dan simpan backup-nya di media penyimpanan lain

Patut diwaspadai pula file-file attachment yang dikirim lewat email atau ada di dunia maya, juga ketika membuka link ke halaman tertentu yang bisa-bisa adalah jebakan berisi Ransomware.

 

 

Bagaimana pembahasan virus Ransomware WannaCry ini? Jika ada yang ingin menambahkan atau berbagi pengalamannya tentang virus ini, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Terima kasih ^^

 

 

Teknologi dan Informasi

Cara melakukan Resize Foto, Capture Monitor dan Scan dengan Perangkat Lunak

Cara Melakukan Resize Foto

Perangkat mobile adalah salah satu benda yang sering dibawa orang kemana-mana. Sebagian orang tidak bisa lepas dari perangkat ini salah satunya adalah smartphone. Di zaman digital seperti ini, smartphone adalah barang yang wajib dibawa saat berpergian.

Selain mudah untuk dibawa, smartphone juga menyediakan fitur-fitur yang memudahkan orang untuk melakukan tugas-tugas kantor yang dulunya sulit dilakukan. Salah satunya scan. Kali ini, saya akan menjelaskan cara men-scan dengan menggunakan salah satu aplikasi scan di smartphone, yaitu CamScanner. Selain mempermudah, scan dengan smartphone lebih menghemat biaya dan waktu.

Berikut adalah cara men-scan menggunakan CamScanner:

1. Pilih foto yang akan dikecilkan ukurannya.

c979f-a

2. Klik kanan lalu pilih ‘Open With’ dan ‘Microsoft Office Picture Manager’.

f4c55-grafizan

3. Gambar yang terpilih akan terbuka sesuai dimensinya. Klik menu ‘Picture’, lalu klik ‘Resize’

f36cb-grafizan2

4. Akan muncul kotak dialog untuk ‘resize photo’, anda bisa mengisi pada kolom-kolom tersebut sesuai keinginan. Kali ini akan dibahas menggunakan “Precentage of original width x height” semisal 50%, berarti ukuran foto akan menjadi 2x lebih kecil dibanding aslinya. Setelah itu klik ‘OK’.

f1a34-grafizan3

5. Setelah itu save foto tersebut, berikut langkahnya:  file – save as – pilih folder tempat menyimpan – beri nama foto hasil resize – save

6. Contoh hasilnya seperti berikut. Ukuran gambar telah dikecilkan dari 200 kb menjadi 78 kb. Dimensinya pun sudah berubah dari 800 x 604 menjadi 300 x 302.

736f6-grafizan4

Cara Screenshot (Capture) Monitor

Berikut adalah cara capture monitor:

1. Carilah gambar yang tepat. Pastikan layar Anda menampilkan gambar yang ingin Anda ambil. Pastikan kursor Anda atau gangguan lain tidak muncul di layar.

2d974-728px-take-a-picture-of-your-screen-step-1-version-4-webp

2. Tekan “Print Screen / prt sc

e1cff-728px-take-a-picture-of-your-screen-step-2-version-4-webp

3. Buka program penyunting gambar. Buka “Paint” atau perangkat lunak pembuat gambar lain

ece16-728px-take-a-picture-of-your-screen-step-3-version-5-webp

4. Tempelkan gambarnya. Klik kanan pada permukaan penyunting gambar dan pilih paste atau gunakan perintah ‘hotkey Ctrl+v’.

03bb9-728px-take-a-picture-of-your-screen-step-4-version-5-webp

5. Simpan berkasnya dalam format pilihan Anda. JPEG adalah format yang paling umum digunakan.

d07d9-728px-take-a-picture-of-your-screen-step-5-version-5-webp

Scan dengan Perangkat Mobile

Perangkat mobile adalah salah satu benda yang sering dibawa orang kemana-mana. Sebagian orang tidak bisa lepas dari perangkat ini salah satunya adalah smartphone. Di zaman digital seperti ini, smartphone adalah barang yang wajib dibawa saat berpergian.
Selain mudah untuk dibawa, smartphone juga menyediakan fitur-fitur yang memudahkan orang untuk melakukan tugas-tugas kantor yang dulunya sulit dilakukan. Salah satunya scan. Kali ini, saya akan menjelaskan cara men-scan dengan menggunakan salah satu aplikasi scan di smartphone, yaitu CamScanner. Selain mempermudah, scan dengan smartphone lebih menghemat biaya dan waktu.
1. Download aplikasi CamScanner untuk smartphone.
ae4a6-screenshot_2016-02-16-09-21-061
2. Setelah selesai, buka CamScanner dan klik ikon kamera di sebelah kanan bawah.

94a8f-screenshot_2016-02-16-09-01-061

3. Scan dokumen dengan mengklik tombol kamera. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

d40dc-screenshot_2016-02-16-09-05-31

4. Tunggu proses scan. Setelah selesai, akan muncul menu dimana dokumen yang tadi di scan untuk di crop. Atur untuk menyesuaikan hasil scan. Jika dirasa sudah cukup, klik tombol checklist untuk mengcrop.

7c3e7-screenshot_2016-02-16-09-08-231

5. Setelah dokumen selesai di crop, akan muncul kembali menu untuk mengedit hasil scan, seperti penyesuaian warna dan cahaya. Jika ingin melewati tahap ini, klik kembali tombol checklist untuk menyimpan dokumen.

1772c-screenshot_2016-02-16-09-12-241

6. Inilah tampilan dokumen yang telah berhasil di scan.

1e841-screenshot_2016-02-16-09-12-571


Nah, sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat ^^

Teknologi dan Informasi

Cara Instal Sistem Operasi Linux

Ada banyak sistem operasi yang hadir untuk mengendalikan atau mengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum guna menjalankan aplikasi perangkat lunak (software). Salah satu sistem operasi yang populer adalah Linux.

Linux adalah perangkat lunak pada komputer yang memungkinkan aplikasi dan operator komputer untuk mengakses perangkat pada komputer untuk melakukan fungsi yang diinginkan. Ada banyak varian Linux yang tersedia, tapi kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menginstall Linux Mint.

Bagian 1 dari 3: Mempersiapkan DVD Instalasi

670px-Install-Linux-Mint-Step-1-Version-2

  1. Backup data anda. Jika Anda menginstal Linux Mint atas sistem operasi Anda saat ini, Anda akan kehilangan data yang tersimpan pada hard drive. Pastikan bahwa semua dokumen penting dan file yang aman didukung sebelum memulai proses instalasi.

670px-Install-Linux-Mint-Step-2-Version-2

2. Download file Linux Mint ISO. ISO Adalah disk image yang dapat Anda membakar ke DVD. ISO tersedia secara gratis dari situs Linux Mint, meskipun download pada ukuran besar. Tergantung pada kecepatan koneksi Anda, mungkin diperlukan waktu beberapa saat untuk di-download untuk menyelesaikan.

  • Ada beberapa pilihan ketika Anda mengunjungi halaman Download dari situs Linux Mint. Sebagian besar pengguna akan ingin memilih “Cinnamon” versi yang terletak di bagian atas daftar. Ini adalah gaya desktop default untuk Linux Mint. Ada pilihan lain yang tersedia untuk pengguna yang lebih maju.
  • Anda harus memastikan bahwa Anda memilih versi yang benar untuk arsitektur sistem anda: 32-bit atau 64-bit.

670px-Install-Linux-Mint-Step-3-Version-2

3. Men-download program pembakaran gambar. Untuk menyalin file ISO ke DVD, Anda akan memerlukan program pembakaran gambar. Salah satu pilihan bebas yang lebih populer adalah ImgBurn, meskipun ada berbagai lain dari perusahaan seperti Nero.

  • Jika Anda menjalankan Windows 7 atau 8, Anda dapat menggunakan software burning built-in Windows. Klik kanan pada file ISO dan pilih “Burn image disk”.

Install Linux Mint Langkah 4.jpg

4. Membakar disk. Gunakan perangkat lunak untuk memilih pembakar (burn) DVD dengan DVD kosong didalamnya. Bila perlu, pilih ISO yang telah diunduh sebagai berkas sumber. Namun, hal ini tidak perlu anda lakukan jika anda mengklik kanan berkas dan mengunakan fitur pembakar Windows. Klik “Burn” untuk memulai prosesnya. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

Bagian 2 dari 3: Instalasi Linux Mint

Install Linux Mint Langkah 5 Versi 2.jpg

1. Mengatur komputer Anda untuk boot dari DVD drive Anda. Dalam rangka untuk menjalankan disk Linux Mint, Anda akan perlu untuk boot dari itu bukan hard drive Anda.

  • Setelah di BIOS, mencari menu Boot. Mengubah urutan boot agar boot DVD drive Anda sebelum hard drive Anda. Ini akan memastikan bahwa disk Anda dimuat terlebih dahulu sebelum sistem operasi yang ada.

Install Linux Mint Langkah 6.jpg

2. Mulai Linux Mint hidup sistem. Ketika boot komputer Anda dari DVD Linux Mint yang Anda buat, Anda akan disambut dengan daftar pendek pilihan. Pilih “Start Linux Mint” untuk boot sistem operasi Linux Mint dari DVD.

  • Ini tidak menginstal Linux Mint. Boot sistem operasi dari DVD memungkinkan Anda untuk menguji Linux Mint dan melihat bagaimana Anda seperti itu sebelum melakukan instalasi. Anda tidak akan dapat mengubah pengaturan atau menghapus atau membuat file sementara dalam modus pratinjau, tetapi merupakan cara yang baik untuk membiasakan diri bagaimana Linux Mint bekerja.
  • Ketika menjalankan Mint dari DVD, itu akan berjalan lebih lambat daripada jika itu diinstal. Ingatlah hal ini ketika menggunakannya, sebagai versi diinstal akan tampil jauh lebih baik daripada pratinjau.

Install Linux Mint Langkah 7 Versi 2.jpg

3. Mulai instalasi. Setelah Anda telah mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan desktop Linux Mint, Anda dapat memulai instalasi dengan mengklik dua kali “Install Linux Mint” ikon terletak di desktop. Ini akan memulai program instalasi. Pilih bahasa Anda dan klik “Lanjutkan”.

Install Linux Mint Langkah 8.jpg

4. Meninjau persyaratan installer dasar. Untuk menggunakan installer paket, Anda akan perlu memiliki minimal 3,5 GB ruang hard disk bebas serta koneksi internet aktif.

  • Jika Anda menginstal Mint di laptop, pastikan itu terhubung ke sumber listrik selama instalasi.

Install Linux Mint Langkah 9.jpg

5. Pilih tipe instalasi Anda. Layar selanjutnya akan memungkinkan untuk memilih jumlah penyimpanan yang akan disediakan untuk Linux. Ada dua jenis pilihan :

  • Erase disk and install Linux Mint – Opsi ini akan menghapus seluruh data pada hard disk yang terpilih dan memasang Linux Mint pada hard disk tersebut. Sistem operasi atau data yang sudah ada akan terhapus seluruhnya. Gunakan opsi ini jika akan menjadikan Linux Mint sebagai satu-satunya sistem operasi di komputer anda.
  • Something else – Opsi ini memungkinkan anda menggunakan ruang kosong pada hard disk untuk membuat petisi khusus Linux Mint, yang juga memungkinkan untuk memiliki Linux Mint dengan sistem operasi lain. Opsi ini juga memungkinkan anda memilih ukuran partisi Linux.

Install Linux Mint Langkah 10.jpg

6. Tentukan hard drive Anda ingin menginstal ke. Di layar berikutnya, gunakan menu dropdown untuk memilih drive yang ingin menginstal Linux ke. Jika Anda memilih “Sesuatu yang lain” pilihan, Anda akan dapat tot menggunakan slider untuk mengatur ukuran partisi Linux.

  • Linux Mint membutuhkan setidaknya partisi 6 GB, dan partisi swap harus 1,5 kali jumlah RAM yang telah diinstal.
  • Jika Anda memilih opsi pertama untuk menginstal jenis, keseluruhan disk yang dipilih akan dihapus selama proses instalasi.

Install Linux Mint Langkah 11.jpg

7. Menetapkan pengaturan lokasi dan keyboard. Setelah proses instalasi dimulai, anda akan diminta untuk memilih zona waktu dan tata letak papan ketik. Anda dapat menggunakan tombol “Detect Keyboard Layout” jika tidak yakin tata letak mana yang harus dipilih.

Install Linux Mint Langkah 12.jpg

8. Buat pengguna Anda. Setelah memilih preferensi masukan Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan nama Anda dan membuat user. Bila Anda memasukkan nama Anda, nama pengguna dan nama mesin otomatis akan isi dengan nama depan Anda. Anda dapat mengubah nama pengguna untuk apa pun yang Anda inginkan.

  • Nama mesin adalah nama komputer Anda akan menampilkan ke komputer lain pada jaringan.
  • Anda akan perlu untuk membuat password juga. Kombinasi username dan password ini akan menjadi account administrator Anda, dan akan perlu untuk dimasukkan ketika membuat perubahan pada sistem
  • Anda dapat memilih untuk login secara otomatis atau diminta untuk username dan password. Pilih opsi yang terbaik bagi kebutuhan keamanan Anda.
  • Anda akan dapat membuat lebih banyak pengguna setelah instalasi selesai.

Install Linux Mint Langkah 13.jpg

9. Tunggu instalasi selesai. Setelah memasukkan informasi Anda, Linux Mint akan mulai menyalin file. Anda dapat memonitor perkembangan dengan melihat bar di bagian bawah jendela. Setelah file akan disalin, instalasi akan dimulai dan perangkat keras Anda akan dikonfigurasi.

  • Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama, terutama pada komputer lama. Ini semua otomatis dari titik ini, sehingga Anda dapat meninggalkan dan datang kembali jika Anda perlu.
  • Installer akan men-download file tambahan selama proses instalasi, sehingga Anda akan membutuhkan koneksi jaringan yang valid.

Install Linux Mint Langkah 14.jpg

10. Klik “Restart Now”. Setelah instalasi selesai, Anda akan diminta untuk me-restart komputer Anda. Klik tombol “Restart Now” tombol untuk reboot komputer Anda dan memuat sistem operasi yang baru Anda instal.

Bagian 3 dari 3: Konfigurasi Linux Mint

670px-Install-Linux-Mint-Step-15

1.Boot ke Linux Mint. Tergantung pada bagaimana Anda menginstal Linux Mint, Anda mungkin akan diberi pilihan untuk memilih dari daftar sistem operasi yang terpasang, atau komputer Anda dapat boot langsung ke Mint. Either way, start up Linux Mint dan masuk ke akun Anda untuk sampai ke desktop.

670px-Install-Linux-Mint-Step-16

2. Tinjau layar Selamat Datang. Ketika Linux Mint pertama dimulai, Anda akan disambut oleh layar Selamat Datang. Ini berisi link ke panduan pengguna dan tutorial, jadi luangkan waktu dan melihat melalui sumber daya yang tersedia.

  • Jendela ini akan muncul setiap kali Linux Mint dimulai kecuali Anda hapus centang pada kotak di sudut kanan bawah.

670px-Install-Linux-Mint-Step-17

3. Mengkonfigurasi desktop Anda. Secara default, Mint akan mulai dengan link ke komputer Anda dan direktori Home Anda pada desktop. Anda dapat menambahkan ikon Sampah untuk membuatnya lebih seperti mesin Mac atau Windows. Untuk melakukannya, klik tombol Menu di pojok kiri dan pilih Pengaturan sistem dari sisi kiri. Klik “Desktop” pilihan pada bagian Preferences, dan memeriksa ikon yang ingin Anda tampilkan.
670px-Install-Linux-Mint-Step-18

4. Menginstal program. Mint dilengkapi dengan program penting beberapa diinstal, seperti Firefox, LibreOffice, GIMP Image Editor, dan VLC Player. Anda dapat menginstal berbagai program lain juga, kebanyakan dari mereka secara gratis. Untuk melakukannya, klik tombol Menu, membawa lebih dari Administrasi, dan pilih Software Manager.

  • Anda akan diminta untuk sandi administrator.
  • Program diurutkan berdasarkan kategori, tetapi Anda juga dapat mencari program-program khusus. Perlu diingat bahwa kebanyakan program Windows dan Mac tidak tersedia untuk Linux, sehingga Anda akan perlu untuk mencari alternatif yang melakukan fungsi yang sama.
  • Klik dua kali program untuk membuka detail. Di sini Anda dapat melihat ukuran serta review dari pengguna lain. Klik tombol ‘Install’ untuk mulai men-download program.
  • Anda dapat melihat kemajuan instalasi Anda dengan memantau bar di bagian bawah jendela.

670px-Install-Linux-Mint-Step-19

5. Mulai program baru. Setelah program telah terinstal, Anda dapat mengaksesnya melalui Menu. Arahkan kursor kategori program milik, dan Anda harus melihatnya dalam daftar program yang diinstal pada komputer Anda. Cukup klik program untuk mulai menjalankannya.

Install Linux Mint Langkah 20.jpg

6. Mengubah latar belakang desktop Anda. The latar belakang desktop adalah cara termudah untuk menunjukkan lain bahwa ini adalah komputer “Anda”. Klik kanan pada desktop dan pilih “Change Desktop Background” dari menu.
  • Anda dapat memilih dari pilihan latar belakang disertakan, atau klik “+ Add” tombol untuk memuat gambar Anda sendiri.
Install Linux Mint Langkah 21.jpg
7. Buka Terminal. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari Linux dengan menggunakan baris perintah untuk melakukan apa saja. Anda dapat dengan cepat mengakses Terminal dengan mengklik ikon Terminal di taskbar di bagian bawah desktop.
Install Linux Mint Langkah 22.jpg
8. Terus mengeksplorasi dan bermain-main. Jelajahilah forum resmi Linux Mint, dan bacalah situs penggemar untuk menemukan program yang mungkin Anda tidak tahu sebelumnya.

Nah, sekian info dari saya. Semoga bermanfaat ^^

Teknologi dan Informasi

Cara Menginstall Software Open Source

Hasil gambar untuk software open source

Open source ialah sebuah istilah yang digunakan oleh perangkat lunak atau software yang telah membebaskan atau membuka source codenya untuk dapat dilihat oleh user atau penggunanya, dan membebaskan penggunanya untuk bisa melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga bisa mengembangkan ataupun memperbaiki sofware tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

Kelebihan dari software open source adalah bisa didapatkan secara gratis tanpa harus membayar lisensi softwarenya. Dan umumnya software open source dapat di unduh dengan bebasdi internet.

Berikut ini merupakan beberapa contoh open source software yang populer, diantaranya seperti di bawah:

  • Linux, merupakan software sistem operasi yang gratis dan sangat populer.
  • XAMPP, merupakan paket software yang berguna untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk juga di dalamnya Apache dan MySQL (database).
  • Mozilla Firefox, merupakan software yang berguna untuk menjelajahi halaman web di internet.
  • OpenOffice, merupakan paket software perkantoran yang berguna untuk mengolah kata, tabel dan database.
  • osCommerce, merupakan software aplikasi web yang digunakan untuk toko online.
  • ClamAV & ClamWin, merupakan software antivirus.
  • Audacity, merupakan software perekam sekaligus pengolah audio.

Untuk kali ini, saya akan menjelaskan cara menginstall Audacity sebagai software perekam dan pengelola audio.

Audacitylogo

Audacity adalah Audacity adalah sebuah software pengolah suara yang sangat powerfull. Selain GRATIS, Audacity dapat di gunakan untuk beberapa OS, seperti Windows,Mac,Linux dan sistem operasi lain. Walaupun software ini gratis, namun software ini memiliki banyak fitur yang sudah sangat cukup dan keren, diantaranya :

1. Dapat merekam audio secara langsung (Live Recording)
2. Merekam yang sedang di Playback di komputer
3. Mengkonversi rekaman kaset menjadi rekaman digital
4. Support di beberapa format sound seperti mp3,wav,aif,flac,mp2,ogg dan format yang lainnya
5. Memotong audio, meng-copy audio dan mixing
6. Tersedia banyak efek efek dan plugin plugin untuk memudahkan anda dalam mengedit audio anda.

Silahkan Download  terlebih dahulu secara gratis. Berikut ini cara menginstall Audacity:

1. Pertama Klik Installer Audacity, lalu pilih bahasa untuk penginstalan, dan klik ‘OK’

11

2. Selanjutnya Klik Next

10

3. Ketiga, baca instruksinya (tidak harus) dan klik Next

9

4. Lalu pilih Folder Directory atau Tempat Penyimpanan untuk Audacity

8

5. Kelima silahkan klik tanda Checklist sesuai dengan keinginan anda, Checklist pertama untuk membuat desktop icon, Lalu klik ‘Next’

7

6. Lalu klik Instal

6

7. Setelah itu tunggu beberapa saat menunggu proses instal selesai
5
8. Lalu setelah proses instal selesai klik Next dan akan muncul dialog box lagi lalu klik Finish
4

9. Tunggu sampai Audacity muncul

3

10. Jika anda telah menginstal VST, akan muncul dialog box Instal Vst Effect, namun jika anda belum menginstal VST maka tidak akan muncul, apa itu VST? silahkan klik menu Recording dan DJ lalu klik submenu VST
Jika telah selesai klik Ok

2

11. Yang terakhir software Audacity akan keluar dan muncul Dialog Box Welcome ti Audacity setiap anda membuka software Audacity, Jika anda tidak ingin dialog box tersebut muncul, silahkan klik pada kotak kecil yang bertuliskan ‘Don’t Show this again at start up’

1

Sekian penjelasan mengenai cara menginstall software open source khususnya Audacity. Semoga membantu and happy try it ^^

 


 


sumber:  http://imericho.blogspot.co.id/2014/11/cara-instal-audacity.html

Teknologi dan Informasi

Topologi Jaringan (tugas tik)

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan topologi jaringan
  2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis topologi jaringan
  3. Sebutkan contoh-cotnoh dari layanan internet. Minimal 5 dan contohnya.
  4. Jelaskan fungsi dari modem, switch, router
  5. Jelaskan perbedaan antara :
  • http dengan https
  • hub dengan switch
  • kabel utp dengan stp
  • wireless, wireline, dan fiber optik

Jawaban :

  1. Topologi jaringan adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatujaringan yang saling terkoneksi.

 

  1. Jenis-jenis topologi jaringan :
  • Topologi bintangmerupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
  • Topologi busmerupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi  Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
  • Topologi cincinadalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  • Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.
  • topologi runtut(linear topology) biasa disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator). Penyambung yang digunakan berjenis BNC (British Naval Connector: Penyambung Bahari Britania), sebenarnya BNC adalah nama penyambung bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Sepaksi Thinnet). Pemasangan dari topologi bus beruntut ini sangat sederhana dan murah tetapi sebanyaknya hanya dapat terdiri dari 5-7 komputer.
  • Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software.

 

  • Topologi Hybrid : Kombinasi dari dua atau lebih topologi yang berbeda untuk membuat Ketika topologi dasar yang berbeda yang terhubung ke satu sama lain, mereka tidak menampilkan karakteristik dari setiap topologi satu tertentu. Ini adalah ketika itu menjadi topologi hibrida.
  • Topologi broadcast : secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.
  • Topologi Hierarki : Berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.
  • Topologi Peer-to-peer adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer).

 

  1. Contoh layanan internet
  • Email : Gmail, Yahoo
  • E-commerce : Lazada
  • E-banking : BCA E-banking
  • FTP (File Transfer Protocol) : WS_FTP
  • Chatting : Facebook

 

  1. Fungsi :
  • Modem : komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.
  • Switch : penerima dan mengirim data dari komputer sumber ke komputer tujuan.
  • Router : perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda

 

  1. Perbedaan :
  • http dengan https : Beberapa perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https.
  • hub dengan switch : Perbedaan Hub dan Switch terletak dari bagaimanapacket data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan.
  • kabel utp dengan stp : Perbedaan utamanya terletak pada pelindungnya, di mana kabel STP dilengkapi pelindung alumunium sedangkan kabel UTP tidak dilengkapi.
  • Wirelessadalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Wireline adalah Berbagai Sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektronik,atau Jaringan internet tanpa Kabel. Kabel yang digunakan adalah: Kabel Coaxial,  Kabel Twisted.  Sedangkan fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia.